• JALAN RAYA REMBANG-JUWANA KM.8,7 KALIORI REMBANG
INFO
  • Selamat Datang di Situs Resmi Desa Purworejo Kecamatan Kaliori Kabupaten Rembang

KELAS IBU HAMIL

04 Maret 2022 Ayu Berita Desa Dibaca 21 Kali

Jumat(4/03) Desa Purworejo melaksanakan kegiatan Kelas Ibu Hamil. Kegiatan ini di ikuti sebnayak 10 orang bumil Desa Purworejo. Kelas Ibu Hamil ini bertujuan mengedukasi para calon orangtua agar dapat menjalani proses kehamilan dan persalinan yang sehat. Kelas ibu hamil ini dilaksanakan di Balai Dukuh Matalan dengan pengisi materi ibu Bidan Desa Wina Indah. Materi meliputi tentang pembedahan buku KIA, Prenatal class, kemudian dilanjut dengan sharing antar bumil satu dengan yang lain dan ditutup dengan senam hamil. Senam ibu hamil merupakan kegiatan ekstra yang dilakukan Bidan Desa untuk mengajari para ibu agar dapat mempraktikkannya secara mandiri di rumah bersama.

Dalam kelas Ibu Hamil, peserta akan mendapat pengetahuan seputar hal-hal yang berhubungan dengan kehamilan, persiapkan melahirkan, dan perawatan bayi. Secara garis besar, materi yang akan diberikan oleh Bidan Desa, antara lain:

1. Kehamilan, perubahan tubuh, dan keluhan yang menyertainya

Tidak sedikit wanita yang mengkhawatirkan kenaikan bobot tubuhnya selama kehamilan, ada juga ibu yang khawatir karena justru mengalami penurunan berat badan saat hamil. Kelas ini juga akan membahas keluhan umum yang biasanya terjadi pada ibu hamil, misalnya morning sickness, konstipasi, perut kembung, dan sebagainya.Serta Bidan Desa juga akan diberi solusi generik atas keluhan itu, misalnya diberikan kapsul penambah darah pada ibu hamil yang anemia atau anjuran untuk memperbaiki asupan gizi tertentu.

2. Perwatan Kehamilan 

Perawatan kehamilan yang akan dibahas dalam kelas ibu hamil biasanya mencakup obat yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi selama masa kehamilan. Selain itu, Bidan Desa juga akan memberi tahu tanda bahaya kehamilan dan penanganan pertama yang bisa dilakukan ibu hamil. Kelas ini juga akan membahas kesiapan psikologis orangtua dalam menghadapi kehamilan, termasuk tentang hubungan suami-istri selama kehamilan.

3. persalinan

Di kelas kehamilan ini Anda juga akan diajarkan untuk mengenali tanda-tanda persalinan maupun tanda bahaya persalinan. Bidan Desa juga akan memberikan opsi proses persalinan yang aman karena tidak semua ibu hamil aman melahirkan lewat persalinan normal (lewat vagina).

4. Perawatan Pascapersalinan

Pada materi ini, ibu hamil akan diajarkan cara menjaga kesehatan setelah melahirkan, selama menjalani masa nifas. Tak hanya itu, Bidan Desa juga akan mengenalkan tentang tanda bahaya saat nifas maupun cara untuk tetap bisa menyusui secara eksklusif selama masa nifas. Bagi bumil yang ingin menjalani program keluarga berencana (KB), kelas untuk ibu hamil juga akan memberi pengetahuan seputar ini. Bidan Desa akan menerangkan pilihan alat KB yang bisa dipilih, mulai dari KB suntik, intrauterine (IUD) alias spiral, maupun pil KB dan plus minus dari setiap metode tersebut.

5. Perawatan Bayi Baru Lahir

Perawatan bayi baru lahir bisa mencakup banyak hal, mulai dari perawatan tali pusar hingga imunisasi yang dapat dilakukan pada bayi tersebut. Bidan atau tenaga kesehatan juga akan menerangkan tanda bahaya pada bayi baru lahir yang harus diperhatikan oleh ibu. Selain materi-materi di atas, kelas ibu hamil juga bisa membahas mitos yang beredar seputar kehamilan maupun pascapersalinan. Selain itu, bidan dan tenaga kesehatan akan memberikan informasi mengenai penyakit menular (seperti infeksi menular seksual hingga HIV/AIDS) serta cara membuat akte kelahiran bayi.

Selain itu, kelas Ibu Hamil ini pada dasarnya dilakukan untuk memberi skill dasar pada calon orangtua mengenai kehamilan yang sehat dan cara merawat bayi newborn yang benar. Oleh karena itu, ada juga prenatal class yang bisa dihadiri oleh calon ayah.

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)
Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)
CAPTCHA Image
Isikan kode di gambar